Keseruan Tim I-Spring Saat Lomba Masak


Lhokseumawe, Selasa (29/11/2022) SMAN Modal Bangsa Arun memperingati hari ulang tahun sekolah yang ke 11 dan perayaan Hari Guru Nasional ke 77. Untuk memeriahkan acara ini, diadakan beberapa kontes salah satunya adalah memasak yang pesertanya dariguru dan tenaga kependidikan.

Acara kontes memasak ini terbagi dalam beberapa kelompok dan berlangsung dari jam 10:00 wib sampai jam 12:00 wib. Salah satu kelompok dari guru-guru tersebut adalah kelompok I-Spring. Guru-guru yang terdapat dalam kelompok ini adalah Nilawati, S. Pd, Muzakkir, S. Pd, Zulfikar, S. Th. I, Mintarsih, S. Pd, Diana, S. Pd, Asmah, S. Pd, dan Cut Ria Akmalia, S. Si.

Kelompok I-spiring memberi nama masakan mereka adalah Mie Gampong I-Spring. Nama I-Spring diambil dari salah satu aplikasi yang digunakan untuk ujian. Tema mie diambil sesuai ketentuan panitia acara agar dapat dinilai dari segi keterampilan dan kreativitas dari hasil masakannya.

“Banyak yang harus dilakukan dalam proses pembuatan Mie Gampong I-Spring ini, salah satunya adalah mencari insprasi untuk membuatnya,” tutur Mintarsih salah satu dari anggota tim.

Adapun langkah-langkah dalam proses pembuatannya adalah, pertama membeli dan menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Kedua membersihkan semua bahan-bahan tersebut. Ketiga memotong-potong bahan yang diperlukan. Keempat menumis bahan yang sudah dipotong tadi hingga keluar aroma yang wangi dan sedap sehingga menggoda selera. Kelima tumis bumbu halus yang didalamnya terdapat cabe merah kering, lada, bawang merah, bawang putih dan beberapa bahan lainnya. Keenam, masukan mie besar atau bahan utamanya beserta beberapa toping seperti bakso, toge, udang, dan beberapa sayuran. Ketujuh mie yang sudah masak pun langsung diletakkan di atas tampah yang sudah dilapisi oleh daun pisang sebagai ide pletingan. Kedelapan adalah menghiasnya dengan memotong tomat yang dibentuk bunga dan kulit tomat beserta timun yang dibentuk menjadi bunga mawar yang sangat cantik dan unik.

Aroma yang sangat sedap tercium dari mie I-Spring. Selain aroma, mie ini juga memiliki rasa yang tidak kalah enaknya, campuran bumbu yang pas dan mie yang teksturnya lembut dan banyaknya toping membuat tampilannya unik, dan memiliki citarasa tersendiri yang pastinya berbeda dari mie biasanya.

Selain membuat mie, kelompok I-Spring ini juga membuat minuman untuk menuntaskan dahaga.Adapun bahan-bahan yang digunakan adalah natadecoco, biji selasih, sirupmerah, sedikit air, dan sebagai tambahan penyegarnya diberi es batu.

Pengakuan guru yang tergabung di kelompok ini, menurutnya sudah biasa dibuat. “Di rumah pernah buat, cuma gak sering aja dan ini juga sebagai ajang kontes juga kan jadi agak sedikit berbeda,” ungkap Diana.

Kontes ini mengeratkan ikatan kebersaman antar guru, karna dalam kelompok ini guru-guru tersebut membagi tugas mereka. Guru lelaki membantu belanja, menyediakan peralatan dan bahan. Guru perempuan memasak dan membuat pleting. Kebersamaan adalah salah satu sisi positif yang dapat diambil dari acara memasak ini. [NAF]


About The Author

Naila Faradiva

Siswa SMAN Modal Bangsa Arun. Tahun masuk 2022/2023.

Comments