Mie KSN Salah Satu Masakan Dalam Lomba Memperingati Hari Ulang Tahun Guru


Lhokseumawe, SMAN Modal Bangsa Arun – Puncak peringatan HUT SMAN MBA dan PGRI tahun 2022 di SMAN Mosa Arun, Lhokseumawe, dimeriahkan dengan gelaran lomba memasak antar guru yang diadakan di koridor SMAN Mosa Arun, Selasa (29/11/2022) siang.

“Lomba ini merupakan bagian dari acara perayaan HUT PGRI yang ke-77yang panitianya terdiri dari OSIS dan bertujuan untuk mempererat persatuan, kesatuan, dan ikatan tali persaudaraan semua warga sekolah,” ungkap Elvi Marfinda selaku peserta lomba masak.'

Tim yang terdiri dari enam orang yang beranggotakan Nurasmah, S. Pd, M. Pd, Mukhtaruddin S. Pd, Junaidi Efendi, S. Si, Nurjamila, S. Pd. I, Elvi Marfinda, S. Pd, Nurlidya Magjum, SE mengangkat tema masakan khas Aceh yaitu Mie Bala Bala yang diubah namanya menjadi mie KSN

“Intinya kita mau balap untuk Kompetensi Sains Nasional (KSN) danyang terlibat dalam kelompok ini sebagiannya adalah guru pembimbing KSN,” ungkap Elvi Marfinda dan Junaidi Efendi ketika ditanyai alasan pemberian nama mie KSN.

Untuk membuat mie KSN ini sangatlah mudah dimana bahan-bahan yang diperlukan yakni bumbu halus khas Aceh, udang, sawi, kacang toge, dan mie kuning.

Cara membuatnya diawali dengan memanaskan bumbu halusnya terlebih dahulu, kemudian masukkan toge, sawi, mie, lalu aduk sampai rata.

“Dari aroma mienya terasa pedas, tampak dari bahan rempah yang digunakan, bahkan dari tampilannya saja sudah mencerminkan rasa dari mienya. Rasanya ini khas Aceh banget, asinnya, gurihnya bahkan rasa pedasnya pun terasa banget, pokoknya mienya enak lah,” terang Mukhtaruddin.

Di akhir acara, Mie KSN yang dibuat kemudian dibagikan kepada siswa/i yang lewat. Lezatnya Mie KSN sangat terasa, hingga semua yang dihidangkan habis disantap bersama-sama. [HAR]


Tags: siswamenulis

About The Author

Hamzah Arfah

Siswa SMAN Modal Bangsa Arun. Tahun masuk 2022/2023.

Comments