Mie Kocok CBT Ala Tim 4


LHOKSEUMAWE- (29/11/2022) SMA Negeri Modal Bangsa Arun mengadakan acara HUT MBA ke-11 & HUT PGRI ke-77. Acara tersebut diawali upacara bendera pada jam 08.00 WIB kemudian dilanjutkan dengan pelepasan balon dan games yang bertujuan memeriahkan peringatan hari ulang taun. Cooking Contest adalah salah satu games yang diperlombakan untuk guru dan tenaga kependidikan SMA Negeri Modal Bangsa Arun. Acara cooking contest dimulai dari jam 10.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB.

Salah satu tim masak pada perlombaan ini adalah tim 4 yang beranggotakan Emi Hasmita, ST, Drs. Suhadi, Drs. Mustafa Oemar, Masriani, S. Pd, Ida Maulida, S. Pd, Murdani, S. Pd, dan Agus Hanurata. “Kelompok kita ini membuat mie yang dinamakan Mie CBT yaitu (singkatan dari) Mie Cubit,” ucap Ida Maulida. Kata CBT dipilih mengingat siswa-siswi yang sebentar lagi akan melaksanakan ujian akhir semester 1 dengan menggunakan Computer Based Test (CBT).

Perlombaan cooking contest menggunakan bahan utama mie, jadi setiap tim harus memasak mie dengan kreasi yang berbeda dan unik. Mie CBT ini muasalnya adalah mie kocok, maka isiannya adalah telur rebus, kentang goreng, bakwan, ayam suwir, kerupuk merah putih, kerupuk emping, timun, tomat, jeruk limau, dedaunan, sedikit bawang goreng di atasnya, kemudian yang terakhir disiram menggunakan kuah mie kocok.

Untuk kuah mie kocok diberikan sedikit air larutan maizena agar kuahnya mengental. “Kita hari ini buatnya bukan mie goreng, karena orang biasanya buat mie goreng kita buat mie kuah,” ucap Emi Hasnita. Beberapa bumbu pelengkap juga disiapkan seperti kecap dan sambal.

Selain mie, tim 4 juga membuat minuman teh bunga telang atau umumnya dikenal sebagai teh bunga biru atau teh herbal kafein. Minuman yang terbuat dari rebusan atau infus kelopak bunga atau bahkan seluruh bunga tanaman clitoria ternatea. Teh bunga telang ini di racik menggunakan es batu, jelly, biji selasih, kemudian di berikan air perasan lemon “Sehingga dia akan bereaksi berubah warna dari biru menjadi sedikit ke ungu-unguan, ini warna alami,” terang Emi Hasmita.

Menurut Naila Faradiva selaku siswi yang mencoba Mie CBT, “Rasanya pas, kuahnya juga, terus mie nya lembut, dan bumbu lainnya terasa nendang di lidah. Saya suka!” Pungkas Naila.


Tags: siswamenulis

About The Author

Marsya Khairunnisa

Siswa SMAN Modal Bangsa Arun. Tahun masuk 2022/2023.

Comments

Comment has been disabled.