Gurih Mie Prosus dan Segar Minuman Sunshine Kelompok 6


Lhokseumawe – SMA Negeri Modal Bangsa Arun merayakan HUT sekolah yang ke-11 dan Hari Guru Nasional ke-77 pada hari Selasa, (29/11/22). Acara yang dihadiri oleh siswa, guru, dan tenaga kependidikan (tendik) berlangsung meriah. Penyelenggara kegiatan adalah OSIS SMAN Modal Bangsa Arun.

Acara dimulai di pagi hari yang diawali dengan upacara bendera, kemudian dilanjutkan dengan pemberian plakat, pelepasan balon, dan terakhir serangkain lomba. Perlombaan ada yang ditujukan untuk siswa dan juga untuk guru dan tendik. Khusus guru dan tendik, yang diperlombakan adalah lomba masak.

Untuk memeriahkan lomba masak, guru dan tendik dibagi ke dalam 7 kelompok. Setiap kelompok diharuskan memasak sesuai tema yang diungsung pada tahun ini, yaitu mie.

Tim dari kelompok 5 yang terdiri dari Listanti, S. Pd, Drs. Abdul Aziz, Alfonso O. Oesman, S. Pd, Fitriani, S. Pd. I, Dra. Elis Mainangwati, Hamidiah, S. Kom. I, dan Rika Tamila, S. Pd, membuat produk yang diberi nama Mie Prosus. Ide ini datang dari Elis Meinangwati. “Nama prosus adalah nama yang kreatif dan juga inovatif, terinspirasi dari kegiatan program di sekolah yang bertujuan meningkatkan kualitas siswa dalam bidang Pendidikan,” ungkapnya . Mie Prosus, lanjutnya, bebas dari pengawet dan msg (monosodium glutamate).

Mie Prosus memiliki cita rasa yang khas karena menggunakan kaldu ayam dan tumisan udang sehingga wangi. Bahan-bahan Mie Prosus adalah bumbu halus, merica bubuk, saus tiram, kecap bangau, udang yang dikupas kulitnya, toge, satu sendok makan garam, satu telur yang sudah diaduk, potongan bawang, cabai, timun, dan mie kuning.

Cara membuatnya dimulai dengan menumis bumbu halus sampai mengeluarkan bau yang wangi. Lalu masukkan merica bubuk dan juga saus tiram dan sebaskom air. Masukkan kecap bangau dan aduk secara merata. Kemudian masukkan udang dan tumis hingga mengeluarkan bau yang sedap. Setelah itu masukkan toge yang sudah dibersihkan akarnya, dan tambahkan sedikit garam dan telur yang sudah di kocok. Setelah beberapa saat masukkan mie ke dalam wajan. Tambahkan daun prei dan juga udang sekali lagi, lalu tambahkan bakso dan ayam yang sudah disuir. Biarkan sejenak hingga matang. Mie Prosus akhirnya siap dihidangkan.

Mie ini disajikan di atas piring putih, kemudian dilengkapi dengan minuman sunshine yang dibuat dengan biji selasih dan juga air kelapa dan sirup. Potongan mentimun yang dibentuk bunga menjadi pelengkap sajian.

Mie ini terasa sangat enak, rasa udang dan bakso sangat terasa di lidah. Menurut Listanti, “Karena di dalam bumbunya terdapat udang, jadi membuat mienya lebih gurih. Ada juga tambahan bakso dan ayam makanya lebih enak” jelasnya.

Banyak siswa yang datang untuk mencicipi masakan dari kelompok 5 namun para siswa harus membersihkan piringnya setelah makan.

Mewakili kelompok 6, Ellys Meinangwati mengungkapkan rasa senangnya, “Ibu senang kalau anak-anak ibu bisa merasakan makanan ibu,” ungkapnya. [Dan]


Tags: siswamenulis

About The Author

Teuku Daniel Arfan

Siswa SMAN Modal Bangsa Arun. Tahun masuk 2022/2023.

Comments