Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah T.A. 2023-2024


Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) berlangsungselama tiga hari di SMAN Modal Bangsa Arun. Acara yang dilaksanakanpada tanggal 17, 18, dan 20 Juli 2023 terdiri dari berbagai kegiatan yang dikelola oleh guru dan dibantu oleh siswa dari Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).

Nurasmah, S. Pd., M. Pd., dalam sambutannya sebagai Kepala Sekolah menekankan bahwa MPLS bertujuan untuk memperkenalkan sekolah kepada siswa. “Melalui kegiatan ini, diharapkan siswa bisa segera beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru,” ungkapnya saat memberi sambutan di gedung aula sekolah.

Selain Kepala Sekolah, Mustarsyidah, S. Pd., Wakil Bidang Kurikulum juga menyampaikan selayang pandang tentang Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). “Untuk Kurikulum Merdeka, tidak ada lagipembagian kelas siswa IPA dan IPS. Hal ini, tolong disampaikan kepada orang tua, biar kita bisa sama-sama mengerti,” ungkapnya.

Rangkaian acara MPLS disusun dengan berpedoman pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2016. Berdasarkan permen tersebut, tidak boleh ada kegiatan yang mengarah pada bentuk kekerasan, perpeloncoan, ataupun perlakuan-perlakuan tidak wajar.

Oleh karena itu menurut Muzakkir, S. Pd., M. Pd., selaku Ketua Panitia, susunan acara dikemas semata-mata untuk saling kenal dan menjalin keakraban antara siswa baru dan guru. “Bentuknya adalah melalui pemberian materi oleh guru selama dua hari tentang pengenalan kurikulum, tata krama, pembinaan agama, dan juga tentang OSIS,” ungkapnya.

Selain materi dari guru, juga dilibatkan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Muara Satu untuk memberikan materi Narkoba dan Dampaknya Bagi Kesehatan pada hari kedua. Pada sesi tersebut, juga hadir Aifa Meisi Putri Aulia alumni tahun 2021 yang sedang menempuh studi di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), untuk berbagi pengalaman kepada siswa baru.

Pada hari terakhir dilakukan permainan-permainan seru dalam rangkateam building antar siswa,di antaranyaseperti yel-yel, bambu estafet, marangkak menghindari ranjau, dan lainnya. Kegiatan pada hari terakhir didampingi secara langsung oleh Ketua Panitia dan guru olahraga, M. Dian Jamili, S. Pd.


Tags: siswa

About The Author

Comments

Comment has been disabled.