Silaturrahmi Sekolah – Revitalisasi Disiplin Guna Meningkatkan Mutu Pendidikan

  • Jul 30, 2018
  • /
  • Warta
  • /
  • Admin
  • 654

Pada tanggal 28 Juli 2018, SMA Negeri Modal Bangsa Arun menggelar pertemuan silaturrahmi antara pihak manajemen sekolah dengan seluruh wali siswa dari kelas X, XI, XII. Momen ini bertepatan dengan sebulan setelah Tahun Ajaran 2018/2019 dimulai, dan dilakukan sebagai bagian dari penyampaian rencana, program, juga peraturan-peraturan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SMA Negeri Modal Bangsa Arun.

Selain dihadiri oleh wali siswa dan pihak sekolah, acara ini juga dihadiri oleh Bapak Drs. Azhari selaku perwakilan Dinas Pendidikan Aceh dan juga Bapak Mulyadi, SE, M. Eng selaku ketua Komite Sekolah. Pada pertemuan yang dihadiri lebih dari 450 tamu undangan, tercatat hanya 4 wali siswa yang tidak bisa hadir dikarenakan halangan pribadi.

Sambil menunggu dimulainya acara, para tamu undangan ditemani oleh penampilan dua vokalis, Zazirah dan Nabila Annisa Fahlin, yang membawakan lagu Deen Assalam dan Ya Maulana. Tepat pukul 09.30 acara dimulai dengan pembacan ayat suci Alquran oleh Annisa Putri yang duduk di kelas X.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Drs. Muhammad selaku Kepala Sekolah SMA Negeri Modal Bangsa Arun. Pada kesempatan itu beliau menekankan pentingnya kerjasama antar Manajemen Sekolah dengan Wali Siswa dalam rangka meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan siswa. Untuk bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang diinginkan, setiap wali siswa punya kewajiban yang sama dalam memonitor perkembangan akademik anak melalui raport. Grafik nilai harus meningkat, dan setiap anak memiliki kesempatan yang sama untuk meraih nilai terbaik.

Lebih lanjut, Bapak Drs. Muhammad mengingatkan bahwa setiap anak punya kecenderungan akademiknya masing-masing. Semua kecenderungan itu, baik IPA maupun IPS, harus bisa diakomodir dan dipahami oleh sekolah dan para wali siswa. “Jangan sampai ada anak dipaksa berada di lingkungan yang dia tidak mampu, sehingga kemudian merugikan dirinya di kemudian hari,” ungkap beliau dalam sambutannya.

Beberapa peraturan asrama juga tak luput dari sorotan pada kegiatan tersebut. Pada intinya, segala ketentuan yang dibuat tak lepas dari tujuan utama, yaitu peningkatan kualitas siswa agar menjadi pribadi yang disiplin. Namun demikian, lanjut Bapak Drs. Muhammad, kebijakan yang ditetapkan sekolah tidak akan berjalan lancar tanpa dukungan Bapak/Ibu Wali Siswa.

Tak lupa pada kesempatan itu, Kepala Sekolah juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT Perta Arun Gas yang terus membantu Sekolah dalam hal penyediaan listrik dan air bersih.

Senada dengan Kepala Sekolah, Bapak Mulyadi, SE. M. Eng menyampaikan dukungannya terhadap program-program yang telah dipaparkan. Selaku Ketua Komite Sekolah sekaligus mewakili Bapak/Ibu Wali Siswa, beliau mengingatkan bahwa peran orang tua dalam pendidikan anak adalah 90%, dan hanya 10% yang menjadi bagian dari sekolah. Oleh karena itu, beliau melanjutkan, Kepala Sekolah butuh dukungan dari seluruh kita (wali siswa) untuk menegakkan peraturan dan ketentuan yang dibuat demi kebaikan anak-anak yang kita titipkan di sekolah ini.

Memuncaki acara, sambutan terakhir disampaikan oleh Kepala Eks PPMG Lhokseumawe yang sekaligus mewakili Dinas Pendidikan Aceh, yaitu Bapak Drs. Azhari. Menurut beliau, kualitas pendidikan khususnya di Lhokseumawe memang tertinggal dari kota-kota besar lainnya. Maka, peningkatan mutu pendidikan harus menjadi target utama kita. Hal ini sejalan dengan cita-cita yang dicanangkan Gubernur Aceh, yaitu mewujudkan Aceh Carong, Aceh Hebat, dan Aceh Berakhlakul Karimah.

Untuk bisa sampai pada cita-cita tersebut, harus ada saling sinergi yang baik antar berbagai pihak di lingkungan sekolah. Tanpa adanya sinergitas, rasanya akan sulit mewujudkan disiplin. Tanpa disiplin, tidak akan terbentuk pribadi yang gigih, ulet, berprestasi, juga yang profesional.

Tepat pukul 12.00 acara pun selesai dan ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Farid Wilyansyah, siswa kelas XII. Pada akhirnya, Kepala Sekolah, Dewan Guru, dan segenap Civitas Akademika Sekolah mengucapkan terima kasih atas kehadiran para wali siswa dan juga seluruh tamu undangan, dan mendoakan semoga semuanya selamat kembali sampai tujuan. (ES)


About The Author

Admin

-

Comments