Kunjungan Dandim Kota Lhokseumawe ke Sekolah

Jumat, 16 Juli 2021, SMAN Modal Bangsa Arun mendapat kunjungan dari Dandim Kota Lhokseumawe, dalam rangka memberikan materi wawasan kebangsaan bagi siswa baru. Kunjungan tersebut adalah bagian dari kegiatan perkenalan sekolah untuk siswa baru, yang telah berlangsung sejak tanggal 10-17 Juli 2021.

 

 

Pada kesempatan tersebut, Drs. Muhammad selaku kepala sekolah beserta jajaran manajemen menyambut langsung Letkol Oke Kistiyanto, SAP yang saat ini menjabat Dandim Kota Lhokseumawe. Sebelum menyempaikan materi kepada siswa, Letkol Oke Kistiyanto beserta Drs. Muhammad menyempatkan diri melakukan dialog seputar dinamika sekolah selama pandemi di ruang kepala sekolah.

Tepat pukul 10.00 wib, kegiatan seminar Wawasan Kebangsaan dimulai di Auditorium SMAN Modal Bangsa Arun. Letkol Oke Kistiyanto, SAP memaparkan perkembangan geopolitik saat ini. China muncul sebagai pesaing Amerika Serikat, menyebabkan kawasan asia menjadi lebih ‘panas’ pada tahun-tahun belakangan ini.

Oleh karena itu Indonesia yang berada di kawasan Asia ini harus terus menerus mempersiapkan diri sebagai antisipasi teradap kemungkinan yang terjadi di masa depan. Beliau mengutip sebuah adagium dari bahasa latin “si vis pacem para belllum”, yang berarti siapa saja yang menginginkan perdamaian maka harus bersiap untuk perang. Ungkapan tersebut, lanjut beliau, menyiratkan bahwa dalam menjaga perdamaian maka kemampuan berperang harus memadai jika sewaktu-waktu terjadi perang.

 

 

Persiapan yang dimaksud bisa menyangkut alutsista negara, tetapi, yang juga tidak kalah penting adalah mempersiapkan generasi muda sejak dini. Oleh karena itu, pembentukan karakter dan pengenalan terhadap wawasan kebangsaan bisa menjadi bagian awal membentuk kesadaran siswa terhadap dinamika ekternalnya, baik di tingkat masyarakat, negara, maupun internasional.

Acara kemudian ditutup dengan foto bersama para siswa. Sebelumnya, rangkaian kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) ini juga telah melangsungkan pengenalan aplikasi Office 365 sebagai media pembelajaran online dan pelaksanaan psikotes bagi seluruh siswa baru. (es)

Admin

-


comments powered by Disqus

Blog Terbaru

Tags

Photo