SMAN MBA Menggunakan CBT Dalam Penerimaan Siswa Baru


SMA Negeri Modal Bangsa Arun menyelenggarakan tes penerimaan siswa baru tahap 1 pada hari Sabtu, 5 Mei 2022. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2022/2023 yang dimulai dengan pendaftaran online sejak 10 Februari 2022.

Meski hujan turun sejak pagi hingga menjelang siang, calon siswa yang diantar oleh orang tua ataupun walinya terlihat antusias mengikuti ujian. Penerimaan siswa untuk tahun ajaran 2022/2023 terbagi menjadi dua jalur, yaitu prestasi dan tes. Menurut Ketua Panitia penerimaan siswa baru Drs. Mahdani Usman, siswa yang berhadir hari ini adalah yang menempuh jalur tes. “Untuk penerimaan jalur prestasi sudah kita lakukan kemarin dan sudah diposting di website. Kalau hari ini adalah semua peserta jalur tes,” ungkapnya di sela persiapan ujian.

Proses pelaksanaan tes tahap 1 dibagi menjadi dua sesi. Untuk sesi pertama berlangsung dari pukul 08.30-10.30 dengan mata pelajaran yang diujikan adalah Matematika dan Bahasa Indonesia. Sedangkan sesi kedua dimulai pukul 11.00-13.00 dan mata pelajaran yang diujikan yaitu Bahasa Inggris dan IPA. Selama pelaksanaan tes terlihat setiap orang mengikuti protokol kesehatan, seperti memakai masker dan menjaga jarak.

Teknis ujian adalah menggunakan Computer Based Test (CBT). Agar ujian dapat berjalan lancar, sebagian peserta diperkenankan membawa laptop ataupun smartphone. Bagi yang tidak membawa atau perangkatnya terkendala, sekolah menyediakan perangkat cadangan untuk digunakan oleh peserta sehingga tidak ada yang tertunda ujiannya. Di setiap ruang ujian tersedia pengawas yang menjaga ketertiban ujian dan membantu persoalan teknis ringan yang dihadapi oleh peserta.

Mustarsyidah selaku panita mengemukakan alasan digunakannya CBT adalah bagian dari mewujudkan paperless office. “Selain itu, dengan memilih menggunakan CBT kita bisa menghemat waktu persiapan dan pemeriksaan. Hasilnya bisa langsung dapat dan siswa lebih mudah mengerjakan soal karena tidak disibukkan dengan membulat-bulati jawaban,” terangnya.

Hal tersebut diaminkan oleh Nurasmah, S. Pd, M. Pd selaku Kepala Sekolah. Menurutnya penggunaan CBT adalah selaras dengan regulasi Peraturan Presiden nomor 95 tahun 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik yang bertujuan mewujudkan tata kelola pemerintah yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel dengan memanfaatkan teknologi informasi. “Kita punya rencana, setelah penerimaan siswa baru ini ke depannya untuk ujian sekolah di SMAN Modal Bangsa Arun akan terus menggunakan CBT,” jelasnya.

Tepat pukul 13.00 tes tahap 1 penerimaan siswa baru selesai. Meski tampak gurat kelelahan di wajah para peserta, namun secara keseluruhan tidak ada keluhan yang disampaikan terkait proses pelaksanan ujian. Semuanya berjalan lancar, baik dari sisi teknis maupun jalannya kegiatan.

Setelah istirahat siang, pukul 14.00 acara dilanjutkan di gedung Auditorium SMAN Modal Bangsa Arun dalam bentuk panggung apresiasi. Kegiatan yang bertajuk Enviroxenia ini bertujuan sebagai penyambutan terhadap para peserta ujian, sekaligus juga bagian dari promosi kebolehan siswa SMAN Modal Bangsa Arun. Acara yang menampilkan tarian, musikalisasi puisi, story telling dan talk showyang dihadiri oleh manajemen sekolah, calon peserta didik beserta orang tua, dan semua panitia.


About The Author

Comments