SNMPTN 2022: Siswa SMAN MBA Tembus Universitas Indonesia


Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) merilis pengumuman hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada tanggal 29 Maret 2022. Dikutip dari media online detik.com, jumlah peserta secara nasional adalah 612.049, dan yang lulus sejumlah 120.643 di 125 Perguruan Tinggi Negeri.

Untuk tahun 2021/2022, SMAN Modal Bangsa Arun tercatat meluluskan sejumlah 25 dari 76 siswa eligible. Berdasarkan laporan dari siswa, terdapat 17 siswa yang lulus di universitas dalam Provinsi Aceh seperti Universitas Syiah Kuala, Universitas Malikussaleh, dan Universitas Islam Negeri dan 2 orang di Sumatra Utara seperti Universitas Sumatra Utara (USU) dan Universitas Negeri Medan (Unimed).

Selain dalam Provinsi Aceh dan Sumatra Utara, sebanyak 6 siswa lulus di Jawa yaitu:

  • Ananda Zihni Ramdhani Jurusan Teknologi Bioproses Universitas Indonesia
  • Mahbengi Rizna Jurusan Kedokteran Gigi Universitas Airlangga
  • Teuku Aidil Fitrah Hibatullah Jurusan Bisnis Institut Pertanian Bogor
  • Haya Audina Azizia Jurusan Teknologi Hasil Perairan Institut Pertanian Bogor
  • Luna Sari Aulya Wati Putri Teknologi Industri Pertanian Institut Pertanian Bogor
  • Khairani Mutia Jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Universitas Sebelas Maret

Ananda Zihni Ramadhani mengungkapkan rasa senangnya bisa lulus di Universitas Indonesia. Pencapaian tersebut merupakan hasil kerja keras dan konsistensi yang dilakukan selama tiga tahun bersekolah. “Selain memang Zini suka di jurusan itu, sebenarnya itu juga saran dari Ayah, makanya Zini beranikan diri ambil sebagai pilihan pertama,” ungkap siswi yang berasal dari Tamiang ini.

Berbeda dengan Zihni, Nursyafila Hermalia Putri yang lewat di Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala menekankan bahwa setiap pilihan yang didapat harus dijalani dengan sebaik-baiknya. Lebih lanjut siswi yang biasa dipanggil Pila menyampaikan, “Walaupun ini pilihan kedua, tapi Pila tetap enjoy aja. Barangkali memang di sini jalan rezeki, jadi ya harus optimis.

Kepada setiap siswa yang lewat SNMPTN, Nurasmah, S. PD, M. Pd selaku Kepala Sekolah mengucapkan selamat. “Jangan lupa untuk selalu bersyukur dan tidak boleh tinggi hati. Apapun yang telah menjadi pilihan dan kemudian lulus, harus dijalani dengan sebaik-baiknya,” pesannya. Sedangkan untuk siswa yang belum lulus dan semua kelas XII lainnya untuk mempersiapkan diri mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN). “Tetap semangat, terus berusaha, dan jangan menyerah,” pungkasnya.


About The Author

Comments