Study Tour Mempelajari Sejarah Islam Nusantara


Dalam rangka memperkenalkan perkembangan sejarah Islam nusantara, SMAN Modal Bangsa Arun mengadakan Study Tour ke situs-situs sejarah yang ada di Lhokseumawe dan Aceh Utara. Kegiatan ini berlangsung pada hari Sabtu tanggal 14 Mei 2022 diikuti sebanyak 120 siswa dari kelas X IPA dan IPS.

Program yang juga menjadi bagian dari proses belajar siswa kelas X ini didampingi oleh dua orang guru dan empat security. Sebanyak 5 bus disediakan oleh panitia sekolah untuk mengangkut seluruh siswa beserta pendamping. Sejam sebelum berangkat, tampak para siswa yang antusias sudah berkumpul di asrama dan pada pukul 10.00 semuanya berangkat menuju lokasi.

Menurut Zulfikar, S. Th. I, tujuan study tour ini adalah untuk menambah pengetahuan dan informasi tentang awal masuknya Islam ke nusantara. “Kemudian menjadikannya sebagai referensi visual dan mendapatkan sudut pandang waktu yang lebih jelas dan luas sehingga memberikan nuansa yg berbeda dan meningkat kan rasa nasionalisme dan kebangsaan,” ungkap guru yang mengajar bidang studi sejarah.

Lokasi yang dikunjungi adalah situs pemakanan Sultan Malik As Shaleh, situs pemakaman Ratu Nahrisyah, Museum Samudra Pasai, dan duplikasi istana Kerajaan Islam Samudra Pasai sesuai dengan catatan perjalanan Ibnu Batuthah.

Seluruh rangkaian acara berjalan lancar. Sekitar pukul 16.00, siswa beserta pendamping kembali ke asrama sekolah.


Tags: sejarah

About The Author

Comments