Syukuran Pelepasan Calon Haji 2022


SMAN Modal Bangsa Arun pada Jumat, 10 Juni 2022 menyelenggarakan syukuran dalam rangka melepas kepergian salah seorang guru, Drs. Mahdani Usman, untuk keberangkatan haji pada tahun 2022. Acara yang mengambil tempat di ruang guru ini dihadiri oleh Kepala Sekolah beserta manajemen, dewan guru, tenaga pendidik, dan Drs Mursyid Yahya, M. Pd selaku pemberi mauizhoh hasanah.

Dalam sambutannya selaku Kepala Sekolah, Nurasmah, S. Pd, M. Pd menyampaikan pentingnya mendoakan teman, saudara, keluarga yang akan menunaikan ibadah haji. “Kalaulah kita belum bisa menunaikan ibadah haji, kita antarkan dulu, yang mudah-mudahan ini menjadi niat dan doa kita semua, semoga bisa menyusul Pak Mahdani menunaikan ibadah haji di lain kesempatan,” ungkapnya.

Menyambung pesan Kepala Sekolah, Drs. Mursyid Yahya, M. Pd menekankan pentingnya meluruskan niat saat menunaikan ibadah haji. Ibadah haji menurutnya bersifat syiar sehingga tidak bisa dirahasiakan. Oleh karena itu, perlu metode batin dan kewaspadaan hati agar tidak sampai menjadi riya dan takabbur.

“Segala hidup punya tujuan akhir. Maka kewajiban kita untuk terus berusaha dan janganlah pernah berputus asa. Kalau puasa tujuannya kan taqwa, sedang haji punya tujuan surga firdaus,” paparnya. Mursyid Yahya kemudian melanjutkan, “Indikator keberhasilan haji adalah mabrur yang berasal dari kata birrun, yaitu perbuatan yang memiliki dua arah kebaikan, yang berbuat senang, dan menerimanya pun senang.”

Mengakhiri materi pada hari itu, kepada calon haji ia mengingatkan akan ada banyak kejadian yang tidak terduga selama menunaikan ibadah haji. “Oleh karena itu selalu bertawakkal kepada Allah, berserah diri. Semoga Pak Mahdani dan keluarga selamat sampai tujuan dan kembali ke tanah air. Semoga mendapat haji yang mabrur,” pungkasnya.

Acara ditutup dengan doa, pemberian bingkisan dari sekolah,kemudian dilanjutkan dengansalam-salaman dalam suasana haru.Drs. Mahdani Usman adalah guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di SMAN Modal Bangsa Arun. Sebagai jamaah calon haji dirinya tercatat dalam kloter 4 Embarkasi Aceh, dan akan berangkat pada tanggal 16 Juni 2022.


Tags: haji guru

About The Author

Comments