Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah 2022


Dalam rangka memperkenalkan ekosistem dan lingkungan sekolah bagi siswa baru, SMAN Modal Bangsa Arun menyelenggarakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Kegiatan MPLS berlangsung pada tanggal 18-20 Juli 2022, dikelola oleh guru yang diketuai Maimun, S. Pd. I.

Acara yang dibuka oleh Nurasmah, S. Pd, M. Pd selaku Kepala Sekolah bertujuan (selain memperkenalkan sekolah) adalah untuk mengetahui potensi siswa baru, menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif. Selain itu, kegiatan yang berlangsung di sekolah ini juga bermaksud membangun interaksi positif antara siswa dan warga sekolah lainnya, dan menumbuhkan sikap positif untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

Pelaksanaan MPLS di SMAN Modal Bangsa Arun (kegiatan dan tata kelolanya) mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 tahun 2016 Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari tersebut diisi dengan berbagai materi positif yang diampu secara langsung oleh guru-guru di sekolah. Adapun susunan materinya adalah sebagai berikut:

Tanggal

Hari

Kegiatan

18 Juli 2022

Senin

Pembukaan Kegiatan MPLS

Wawasan Wiyata Mandala

Kesadaran Berbangsa dan Bernegara

Tata Krama Siswa

19 Juli 2022

Selasa

Pengenalan Kurikulum

Pendidikan Karakter

Pembinaan Mental

Cara Belajar Belajar Efektif

20 Juli 2022

Rabu

PBB dan Kepramukaan

Penutupan

Maimun, S. Pd. I selaku ketua pelaksana mengungkapkan rasa senangnya bahwa kegiatan MPLS berjalan lancar. “Para siswa sangat antusias terlibat dalam kegiatan yang telah kita susun. Saya berharap materi yang telah diberikan oleh para guru bisa bermanfaat dan memberikan selayang pandang tentang sekolah kepada mereka.” Menurut Maimun, kegiatan MPLS adalah agenda perdana di tahun ajaran baru yang juga menjadi awal penerapan Kurikulum Merdeka bagi siswa kelas X. “Semoga kegiatan yang bersifat kolaboratif bisa terus kita tingkatkan penyelenggaraannya untuk masa-masa berikutnya,” pungkasnya.


Tags: siswa kegiatan

About The Author

Comments