SMAN Modal Bangsa Arun Mengikuti Pawai Karnaval HUT RI Ke-77


SMAN Modal Bangsa Arun berpartisipasi dalam pawai karnaval kemerdekaan pada hari Kamis18 Agustus 2022 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Lhokseumawe, bekerja sama dengan Disdikbud, Kemenag, Disporapar serta cabang Dinas Pendidikan Aceh di Kota Lhokseumawe.

Dalam rangka memeriahkan perayaan kemerdekaan Indonesia ke 77, SMAN Modal Bangsa Arun menurunkan 3 pakaian hias kreativitas yang dikenakan oleh siswa. Ketiga siswa tersebut memimpin barisan peserta yang berjumlah 30 orang dengan memakai berbagai pakaian adat daerah.

Motto karnaval yang diusung sekolah adalah Aceh meusyeuhu makmu ngon meugah, sabe tajaga Aceh mulia, yang berarti Aceh terkenal makmur dan megah, selalu kita jaga (agar) Aceh (tetap) mulia. Kata-kata tersebut dikutip dari lirik lagu Himne Aceh yang merupakan bagian pelaksanaan Qanun Nomor 2 Tahun 2018 tentang Himne Aceh.

Muzakkir, S. Pd, M. Pd selaku ketua tim karnaval SMAN Modal Bangsa Arun mengungkapkan alasan dipilihnya motto tersebut, “Pertama kita ingin perkenalkan Himne Aceh kepada masyarakat. Kemudiankita juga perlu menjaga Aceh ini demi masa depan generasi kita.” Lebih lanjut dirinya menyampaikan bahwa tanpa perdamaian maka kemakmuran yang menjadi cita-cita tidak bisa tercapai.

Rute yang ditempuh lebih kurang 5 kmyang dimulai dari Lapangan Hiraq, kemudian menuju Jl. Merdeka, Jl. Darussalam, Jl. Malikussaleh, Jl. Iskandar Muda, Jl. Perdagangan, Jl. Sukaramai, Jl. Merdeka, dan berakhir di Lapangan Hiraq. Agar siswa yang ikut pawai tetap terjaga kondisi fisiknya, mereka didampingi oleh para pembina yang dibantu tim OSIS yang senantiasa menyediakan segala keperluan yang dibutuhkan peserta, seperti air minum, p3k, tissue, dan lain sebagainya.

Tampak masyarakat Kota Lhokseumawe antusias menyaksikan karnaval tahun ini. Apalagi telah 2 tahun sejak dilanda Covid-19 kegiatan karnaval ditiadakan. Selama perjalanan dari awal hingga akhir, banyak yang meminta foto bersama dan siswa dengan ramah melayani permintaan dari para masyarakat.


Tags: karnaval

About The Author

Comments