Siswa SMAN Modal Bangsa Arun Terpilih Mewakili Dapil Aceh II Pada Seleksi Perlemen Remaja 2022


Faraisha Syahryanna terpilih sebagai Peserta Parlemen Remaja 2022 mewakili Dapil Aceh II. Informasi hasil seleksi tersebut tertuang dalam surat Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia bernomor B/15216/HM.03.03/8/2022 tentang Pemberitahuan Hasil Seleksi Parlemen Remaja 2022.

Berdasarkan surat tertanggal 29 Agustus 2022 tersebut, setiap peserta yang terpilih akan berangkat ke Bogor untuk mengikuti kegiatan Parlemen Remaja secara luring pada 10 s.d. 14 Oktober 2022. Kegiatan yang direncanakan bertempat di Wisma Griya Sabha DPR RI, Bogor, Jawa Barat memiliki sejumlah agenda yang semuanya bertujuan untuk mengenalkan pendidikan demokrasi.

Tema kegiatan Parlemen Remaja kali ini adalah “Generasi Sadar Privasi, Dataku Tanggung Jawabku”. Menurut Faraisha, sosialisasi terkait data pribadi terhadap generasi muda sangat penting untuk terus digaungkan. Dirinya mengutip UU ITE No 11 Tahun 2008 pasal 27 yang menjabarkan lingkup larangan membocorkan data seperti untuk tindakan melanggar asusila, perjudian, penghinaan, dan pemerasan ataupun pencemaran nama baik.

Pentingnya kesadaran akan privasi data bertujuan agar penggunaan media elektronik menjadi lebih bertanggungjawab. Hal itu tertuang dalam essai dan video berjudul Cerdas Berteknologi, Bijak Menggunakan Jari yang dibuat oleh Faraisha dan merupakan bagian dari penilaian pada seleksi Parlemen Remaja 2022. Dalam video berdurasi singkat tersebut, Faraisha mengajak teman-teman sebayanya untuk tidak mudah mempublikasikan data pribadi kepada masyarakat umum sebagai antisipasi kejadian yang tidak diinginkan oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Terpilih Faraisha sebagai bagian dari Parlemen Remaja 2022 membuat dirinya merasa senang. Namun demikian, ia juga menyadari bahwa penting untuk terus belajar dan berproses agar semakin siap dengan berbagai tantangan ke depannya.

Kepala Sekolah SMAN Modal Bangsa Arun, Nurasmah S. Pd., M. Pd ikut bangga dan senang atas raihan Faraisha Syahryanna. Ditemui sela kesibukan di sekolah, dirinya menekankan pentingnya kerja keras untuk bisa meraih yang diharapkan. "Kita di sekolah selalu mendukung setiap kegiatan siswa yang positif. Yang penting ada kemauan dan mau kerja keras, dan jangan lupa berdoa," pungkasnya.

Kegiatan Parlemen Remaja yang diselenggarakan oleh Dewan Perwakilan Rakyat memiliki tiga tujuan yaitu memasyarakatkan fungsi dan peranan DPR-RI kepada remaja sebagai generasi penerus bangsa, memberikan pemahaman kepada remaja (siswa SMU/SMK) tentang proses pembuatan kebijakan publik di Parlemen, dan meningkatkan pemahaman remaja tentang proses demokrasi di Indonesia melalui pelaksanaan simulasi Parlemen.


Tags: juara siswa

About The Author

Comments